Peran Aktif Koperasi Wujudkan Kesejahteraan Rakyat

Bisnis

MUSIRAWAS – Perekonomian merupakan permasalahan yang begitu kompleks dalam kehidupan ini. Berbagai bentuk usaha diperlukan sebagai usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Di antaranya adalah Koperasi. Koperasi Indonesia sebenarnya merupakan salah satu badan usaha yang ada dalam perekonomian Indonesia. Keberadaannya diharapkan dapat banyak berperan aktif dalam mewujudkan kesejahteraan dana kemakmuran rakyat.

Kasi Bina Lembaga Koperasi (BLK) Dinas Koperasi dan UKM Musirawas, Zabuya menjelaskan kepada wartawan, Senin (13/02/2017) dikantornya, Koperasi adalah media bagi masyarakat untuk menumbuhkan kerjasama, gotong royong dalam konteks ekonomi. Oleh karena itu, perlu dibentuk Koperasi sebagai wadah atau himpunan untuak kesejahteraan anggotanya.

“Pembentukan Koperasi Unit Desa (KUD) pertama diadakan rapat persiapan pembentukan yang menghadirkan calon pendiri, dibutuhkan minimal 50 orang agar koperasi bisa berdiri dengan menandatangani berita acara.

Dalam rapat tersebut ditentukan pengurus koperasi, anggaran dasar (Peraturan-peraturan Pokok), serta rencana kerja dan rencana anggaran. Sosialisasikan koperasi yang baru dibentuk kepada pemerintah, calon relasi, masyarakat dan pihak-pihak lain yang berkepentingan,” jelasnya.

Sesegera mungkin, sambung Zabuya diadakan rapat pengurus yang akan membahas program kerja, peraturan-peraturan usaha dan administrasi. Jika koperasi ingin di buatkan pengesahan badan hukum maka setelah koperasi dibuatkan Akta di Notaris dan didaftarkan ke Pengadilan Negeri langsung diajukan permohonan ke Pemda setempat. (LES)