Pengaturan Anggaran Pilar Desa di Serahkan ke Pemdes

Desa

MUSIRAWAS, Jurnalindependen.com – Program Gerakan Bersama Pemasangan Pilar Batas Desa (Gema Sang Pilar) bakal tidak terlaksana dengan mulus.

Pasalnya, pada tahun kedua program ini masing-masing desa di Kabupaten Musi Rawas ada yang tidak menganggarkan dana pilar tersebut. Belum lagi pelaksanaan kegiatan tahun lalu tersebut ternyata direalisasi pada bulan Januari dan Februari tahun ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melalui Kabid Fasilitasi Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Desa, Alexander mengatakan program tersebut tetap dijalankan, tahun ini untuk anggaran pemasangan pilar desa pada APBDes diserahkan masing-masing desa.

“Penganggaran pilar desa itu tergantung desa masing-masing, bisa saja tahun ini tidak dan akan dianggarkan tahun depan. Yang jelas target masa selama lima tahun ini,” kata Alexander saat diwawancarai dikantornya, Senin.

Mengenai realisasi program pilar tahun lalu yang dipasang awal tahun ini, Alexander menjawab karena pencairan anggarannya persis akhir bulan tahun 2016. “Tapi walau bagaimanapun kita menghargai dan mengapresiasi upaya pemerintah desa yang telah merealisasikan pemasangan pilar tersebut kendati di awal tahun berikutnya. Artinya tetap direalisasikan,” ungkapnya.

Diketahui dari informasi beberapa desa bahwa diduga SPJ termasuk kwitansi yang digunakan dalam pengerjaan program Gema Sang Pilar tahun 2016 masih banyak yang belum lengkap, terkait kepada Bagian Tapem Setda Mura, kecuali tanda terima barang. (fs)

Berita Terkait : Program Gema Sang Pilar Dinilai Tidak Jelas