Masyarakat Portal Akses Perusahaan Karena Tuntutan Diabaikan

Peristiwa

MUSIRAWAS, Jurnalindependen.com – Terkait sering terjadinya konflik antar masyarakat setempat dengan perusahaan yang berujung pemortalan jalan karena kekecewaan dan misskomunikasi. Pemerintah dalam hal ini menempati peran penting membantu dan menengahi penyelesaian konflik.

Kabag Tapem Setda Kabupaten Musi Rawas, Risman Sudarisman menyampaikan hendaknya konflik yang ada ditekan dengan membangun komunikasi yang baik serta mengedepankan rasa persaudaraan dan menghasilkan kesepakatan, Kamis (24/03) diruang kerjanya.

“Konflik yang ada seperti di Kecamatan BTS Ulu harus diselesaikan. Kita menginginkan pihak yang langsung bersentuhan dengan masyarakat yakni Pemerintah Desa dapat menyelesaikannya. Bila konflik bisa diatasi Kades tidak perlu ke Camat atau Kabupaten.

Demikian juga jika bisa diselesaikan tingkat Camat tidak perlu ke Kabupaten. Adanya kesepakatan ‘Zero Portal’ dari Camat BTS Ulu sangat kita apresiasi, hal ini dilakukan untuk menciptakan rasa aman kepada masyarakat dan juga investor,” katanya.

Tidak dipungkiri, kata Risman masyarakat memortal jalan karena masalah lahan sedangkan pihak perusahaan tidak bisa ditemui, sehingga berlarut-larut masalahnya. Kedepan diharapkan pihak perusahaan dapat membuka diri dan berkomunikasi untuk menyelesaikan masalah yang ada, sehingga tidak terjadi pemortalan.

“Saat ini kita masih menyusun formulasi cara penyelesaian masalah dan type penanganannya. Harapan kita persoalan yang ada harus diselesaikan dan tidak merugikan masyarakat atau investor, tidak ada agenda lain demi kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.

Penulis/Editor : Faisol