Tingkat Kemiskinan Muratara Tertinggi di Sumsel

Pemerintahan

PALEMBANG – Persentase tingkat kemiskinan di Sumatera Selatan pada 2017 karena berbagai faktor berada di Kabupaten Musi Rawas Utara yaitu mencapai 19,49 persen, kata  karena berbagai faktor. kata Kepala Bappeda Sumsel Ekowati Retnaningsih.

Sedangkan diurutan kedua adalah  Kabupaten Lahat dengan persentase 16,81 persen, dan posisi ketiga Kabupaten Musi Banyuasin dengan persentase mencapai 16,75 persen, kata Ekowati di Palembang, Rabu.

Dia mengatakan, sementara penduduk miskin terendah yakni Kota Pagaralam mencapai 8,89 persen disusul Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan sebesar 10,98 persen, dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur terendah ketiga presentasenya mencapai 11,00 persen.

“Memang berbagai faktor penyebab terjadinya kemiskinan itu menjadi perhatian pemerintah,  seperti akses menuju wilayah dan  fasilitas infrastruktur lainnya,” katanya.

Dia mengatakan, pemerintah saat ini terus menekan angka kemiskinan tersebut supaya berkurang, dengan memaksimalkan program Gerakan Terpadu Serentak Semesta Menuju Rumah Tangga (Gertak Sejuta) Mandiri.

Program tersebut merupakan suatu pergerakan terencana dan sistematis seluruh elemen masyarakat secara bersama, bersatu dan kompak dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan.

Dengan memaksimalkan program tersebut diharapkan masyarakat kurang mampu di bidang ekononi akan menurun, tambah dia. (ant)