Menuju Kemandirian Desa, Mendes Resmikan Wisata Embung di Marga Baru

Advetorial

MUSIRAWAS – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo sedang menggalakan kemandirian perekonomian masyarakat desa, salah satunya dengan melakukan peresmian Embung desa di Desa Marga Baru Tirta Mulya, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas, Sumatra Selatan.

Menurut Mendes PDTT Eko dengan adanya Embung desa, roda perekonomian bisa meningkat dari sektor pariwisata hingga menaikkan gizi masyarakat melalui sektor perikanan.

Pembuatan Embung ini menggunakan anggaran dana desa yang melibatkan Bupati, Kepala Desa dan PKK.

“Setiap Embung yang sudah jadi, nanti PKK dan BUMDes-nya mendapat bantuan Rp50 juta. Nah minta sama Pak Bupati dan Pak kepala desa agar Dana Desa dipakai buat bikin Embung desa,” kata Mendes PDTT Eko, saat menghadiri peresmian Embung desa pada Senin (19/2/2018).

Diketahui embung yang sudah jadi itu kemudian akan dilengkapi dengan beberapa sarana wisata dan dikelola oleh BUMDes. Menteri Eko saat itu tidak sendiri, tetapi juga didampingi oleh Inisiator Gerakan Desa Membangun Indonesia yaitu Cak Imin.

Pada kesempatan itu Cak Imin mengatakan hal senada seperti disampaikan Mendes PDTT Eko, bahwasannya dengan adanya Embung desa dapat meningkatkan ekonomi masyarakat melalui bantuan cuma-cuma dari pemerintah dalam program Dana Desa milik Kemendes PDTT.

“Embung desa ini luar biasa karena merupakan produk yang paling nyata yanisa dinikmati dari dana desa. Sebab Embung Desa ini ada faktor ekonomi faktor wisata dan faktor kebutuhan peningkatan pertanian juga gizi keluarga,” papar Cak Imin. “Embung ini adalah paket yang lengkap dan sangat bermanfaat.”

Seperti diketahui sebelumnya Kemendes PDTT memiliki empat program unggulan untuk memajukan perekonomian masyarakat desa, program-program itu antara lain, Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), pembuatan Embung dan Padat Karya. (adv)