Masyarakat Diimbau Waspada Karhutla

Peristiwa

MUSIRAWAS, Jurnalindependen.com – Perlu gerakan menyeluruh untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Selain itu perlu koordinasi sehingga gerakan tersebut tidak parsial.

Wakil Bupati Musirawas, Hj Suwarti usai rapat teknis Kominfo se-Provinsi Sumatera Selatan melalui Teleconference di Dinas Kominfo dan Statistik, Selasa (15/02) mengatakan, gerakan menyeluruh pencegahan dan penanggulangan Karhutla dari Pemerintah pusat hingga daerah.

“Kita menghimbau agar para petani yang memiliki lahan agar dibersihkan, ketika melakukan pembakaran jangan terlalu besar dan ketika sekitar dibersihkan tidak akan menular ke lahan orang lain.

Karhutla diharapkan dapat ditekan seminim mungkin dan ini merupakan peran aktif kita semua untuk terlibat baik dalam aksi pencegahan maupun penanggulangan,” imbaunya.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) H Isbandi Irsyad mengatakan, untuk penanggulangan Karhutla sudah ada instansi yang menangani, tim siap kelapangan bila terjadi kebakaran.

“Instansi yang menangani sudah ada dan selalu siap turun kapanpun dan dimanapun, kendati sering hujan namun tetap waspada karena bisa saja terjadi kebakaran baik lahan maupun perumahan.

Dalam upaya penanggulangan ini, pihak swasta juga dilibatkan untuk membantu dan kita selalu koordinasi baik dengan Tim Karhutla dari provinsi maupun perusahaan yang ada di Musirawas ini,” kata Sekda.

Penulis/Editor : Faisol Fanani.