Bentuk Karakter Budaya dengan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalulintas

Hukum

MUSIRAWAS, Jurnalindependen.com – Pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan
dilakukan untuk meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di kalangan pelajar.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Musirawas, Adi Winata menerangkan diruang kerjanya, Kamis (02/03) bahwa pemilihan dimaksud dalam rangka pembentukan karakter budaya keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan dikalangan pelajar.

“Pemilihan ini kita lakukan tiap tahun diambil peserta dari SMA/SMK di Musirawas dan untuk tahun ini akan diikuti 40 peserta dari 17 SMA/SMK. Setiap peserta akan dinilai karya tulis dan pengetahuan di bidang LLAJ, Kepemimpinan (Leadership), Kemampuan berbicara didepan umum (Public Speaking) serta Norma/Etika.

Mengenai penguji selain dari Dinas Perhubungan (LLAJ), Kepolisian, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pemuda dan Olahraga dan PT Jasa Raharja sesuai dengan Peraturan Dirjen Perhubungan Darat No. : SK.825/AJ 705/DRJD/2010 tentang Pedoman Teknis Pemilihan Pelajar Pelopor KeselamatanĀ  Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” kata Adi Winata.

Dari peserta tersebut terpilih finalis satu dan dua yang akan dikirim ke tingkat provinsi, sambung Adi Winata, harapan kita pelajar yang dikirim ke provinsi dapat menjadi finalis dan dapat bersaing ditingkat nasional.

Pelaksanaan pemilihan ini, menurut Adi Winata akan digelar sebelum HUT Kabupaten Musirawas yakni di pertengahan Bulan April nanti. (fsl)