Antusias Siswa SMAN Sukakarya Ikuti Pelatihan Jurnalistik

News

MUSI RAWAS, Jurnalindependen.com – Antusias siswa-siswi SMA Negeri Sukakarya saat mengikuti Pelatihan Jurnalistik Dasar yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Musi Rawas, Kamis (21/12) di ruang kelas SMA Negeri Sukakarya.

Tidak kurang dari delapan pertanyaan yang di ungkapkan siswa peserta kepada nara sumber, Novi Yansyah (Ketua PWI Musi Rawas). Masing-masing pertanyaan dijawab dan dikupas tuntas oleh nara sumber secara sederhana agar mudah dipahami siswa.

Dari beberapa pertanyaan menunjukan adanya rasa ingin tahu yang besar siswa mengenai jurnalistik. Diantara pertanyaan siswa mengenai kriteria yang disebut berita hingga 5 W + 1 H.

Selain itu bagaimana memahami berita yang baik dan benar atau hoax, serta seputar dunia kerja jurnalistik.

Pelatihan Jurnalistik tersebut disampaikan pemateri, setengah jam paparan teori, 45 menit diskus dan tanya jawab serta 15 menit praktek menulis.

Pemateri Novi Yansyah merasa bangga dengan siswa peserta karena proaktif sehingga menjadi hidup diskusi pada acara tersebut.

“Kami bangga dengan siswa peserta SMA Negeri Sukakarya yang proaktif, diskusi tanya jawab semakin hidup dan semarak. Semoga usai pelatihan ini mereka dapat menerapkan dilingkungan sekolahnya,” harap Novi Yansyah.

Usai praktek menulis, lembar tulisan siswa dinilai dan di ranking. Ranking 1 diraih Yeni Afifina kelas X.2, ranking 2 diraih Misalara kelas XI.IPS, ranking 3 diraih Hesti Mardiana kelas XI. IPA dan ranking 4 diraih Endjhel Ferera kelas X.1.

Masing-masing siswa peserta yang mendapatka empat ranking teratas mendapatkan bingkisan dari sponsor PWI Musi Rawas. Sedangkan untuk Sekolah, PWI Musi Rawas memberikan penghargaan sebagai bentuk dukungan sekolah terhadap kegiatan dimaksud. (fsl)